Kamis, 08 Oktober 2015

Pemrograman Java

Pengertian Pemrograman Java

 

Pengertian Java

Java adalah bahasa pemrograman yang multi platform dan multi device. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan platform sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.

Kelebihan dan kekurangan Java

Kelebihan Java yang pertama tentu saja multiplatform. Java dapat dijalankan dalam beberapa platform komputer dan sistem operasi yang berbeda. Hal ini sesuai dengan slogannya yangs udah dibahas sebelumnya. Yang kedua adalah OOP atau Object Oriented Programming. Java memiliki library yang lengkap. Library disini adalah sebuah kumpulan dari program yang disertakan dalam Java. Hal ini akan memudahkan pemrograman menjadi lebih mudah. Kelengkapan library semakin beragam jika ditambah dengan karya komunitas Java.
Setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangan yang dimiliki oleh Java adalah pada satu slogannya, takni “Tulis sekali dan jalankan dimana saja” ternyata tidak sepenuhnya benar. Beberapa hal harus disesuaikan jika dijalankan pada platform yang berbeda. Misalnya untuk J2SE dengan platform SWT-AWT bridge tidak dapat berfungsi di Mac OS X. Kekurangan lainnya adalah kemudahan aplikasi Java didekompilasi. Dekompilasi adalah suatu proses membalikkan sebuah aplikasi menjadi kode sumbernya. Hal ini memungkinkan terjadi pada Java karena berupa bytecode yang menyimpan bahasa tingkat tinggi. Hal ini terjadi pula pada platform .NET dari Microsoft sehingga program yang dihasilkan mudah dibajak kodenya karena sulit untuk disembunyikan.
Kekurangan Java yang lain adalah penggunaan memori yang cukup banyak, lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi sebelum generasi Java. Namun hal ini memang sesuai dengan fitur beragam yang dimiliki oleh Java. Masalah memori ini juga tidak dialami oleh semua pengguna aplikasi Java. Mereka yang sudah menggunakan perangkat keras dengan teknologi terbaru tidak merasakan kelambatan dan konsumsi memori Java yang tinggi. Lain halnya dengan mereka yang menggunakan teknologi lama atau komputer yang sudah berumur tua lebih dari empat tahun akan merasakan adanya kelambatan. Namun apapun kelemahan yang dimiliki Java, faktanya adalah Java merupakan bahasa pemrograman yang populer dan digunakan di seluruh dunia saat ini.
Karakteristik Java :

·         Objek Oriented
          Rancanga pada objek (data) dan interface (tampilan), jadi pemograman berstruktur objek.

·         Sederhana
          Sintaks tidak membutuhkan header file seperti bahasa pemrograman C++ yang menggunakan header             file

·         Terdistribusi
          library luas, dapat membuka/mengakses segala objek

·         Kuat
         Dapat dipercaya, ada pengecekan awal dan saat runtime

·         Aman
         Bebas dari virus kerusakan

·         Netral arsitektur
         Dapat dikompile pada banyak prosesor

·         Portable
         Dapat dieksekusi dimesin dan OS apa saja

·         Interpreter
         Dapat dieksekusi kode java langsung pada komputer yang memiliki interpreter

·         Multi thread
         Dapat dilakukan lebih dari satu pekerjaan

·         Garbage Collection
         Dialokasi memori otomatis

·         Free ware

         Gratis/tidak berbayar

Minggu, 04 Oktober 2015

Elemen Dasar Komputer Hardware,Software,Brainware

·         Pondasi Komputer: Hardware, Software, dan Brainware
Kita semua tahu bahwa PC atau komputer sangat berguna bagi kehidupan kita. Komputer dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer yang lainnya ataupun penggunaan khusus seperti dalam bidang kedokteran ataupun dalam bidang Sains. Sesuatu ada pasti dengan dasar atau pondasi untuk membangunnya. Sama dengan sebuah komputer yang memiliki pondasi untuk membangunnya. Pondasi atau elemen pada sebuah komputer ada tiga, yaitu HardwareSoftware, dan Brainware. Berikut penjelasan mengenai ketiga pondasi/komponen tersebut:

1. Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Jadi, rupa secara fisik dari komputer dapat kita sebut sebagai Hardware atau Perangkat Keras. Contoh dari Hardware adalah sebagai berikut: 
A.    Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakan untuk memasukkan (Input) instruksi dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.
B.     Perangkat Pemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapat pada sebuah komputer untuk memproses masukkan/input dari pengguna. Contohnya adalah Prosesor pada sebuah komputer.
C.     Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakan untuk menghasilkan suatu proses (output) dari pengguna komputer (User). Contohnya adalah Monitor, Speaker, dan Printer.
D.    storage device
1. Internal Storage
Internal Storage adalah media penyimpanan yang terdapat
di dalam komputer seperti :
- ROM
- RAM
2. External Storage
External Storage adalah Media Penyimpanan yang terdapat di luar komputer
( Umumnya Berbentuk Disk ), seperti :
- Hardisk
- Disket
- CD
- Flashdisk
- dll


2. Pengertian Software atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang doformat kemudian disimpan secara digital. Bisa dibilang bahwa Software merupakan komponen yang tidak terlihat secara fisik, tetapi terdapat dalam sebuah komputer. Contoh dari Software adalah sebagai berikut:
A.    Sistem Operasi: Merupakan Software yang digunakan untuk menghubungkan antara Hardware dengan Pengguna/User.
  1. Software Aplikasi: Merupakan Software yang dapat diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Contohnya adalah Software paket aplikasi perkantoran seperti Libre Office dan Microsoft Office.

3. Pengertian Brainware atau Perangkat Manusia adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari Brainware adalah Programmer, Netter (sebutan bagi orang yang sedang melakukan surfing di Internet), dan orang-orang yang sedang menggunakan komputer.

·         Hubungan Antara Hardware, Software, dan Brainware
Pengertian Hardware, Software, dan Brainware di atas tentu memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya. Seperti pada gambar, bahwa ketiga elemen tersebut memiliki keterkaitan untuk menciptakan sebuah komputer yang berguna.

Hardware atau Perangkat Keras komputer apabila ada tanpa Software, maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna. Karena Software tercipta untuk mengisi fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.

Matematika Informatika Program Java Himpunan

Matematika Informatika Program Java Himpunan

Listing Program Himpunan
import javax.swing.*;
class himpunan
{
public static void main (String[]args)
{
int na=0, nb=0;
na=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Banyak Elemen A:"));
int a[]=new int [na];
nb=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Banyak Elemen B:"));
int b[]=new int [nb];
for (int i=0; i<na; i++){
a[i]=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Nilai A Ke-"+(i+1)));
}
for (int j=0; j<na;j++){
b[j]=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Nilai B Ke-"+(j+1)));
}
System.out.print ("Himpunan A = {");
for (int x=0; x<na; x++){
System.out.print (a[x]+"");
}
System.out.println("}");
System.out.print("Himpunan B = {");
for(int x=0; x<nb; x++){
System.out.print(b[x]+"");
}
System.out.println ("}");
System.out.print("Nilai A Irisan B = {");
for (int i=0;i<na; i++){
for (int j=0; j<nb-1; j++){
if (a[i]==b[j]){
System.out.print (a[i]+"");
}
}
}
System.out.println("}");
}
}


LOGIKA PROGRAM HIMPUNAN KE1
import javax.swing.*;
adalah untuknmenginformasikan bahwa kita akan meng-import class JOptionPane dari package javax.swing

class himpunan{
Menunjukan bahwa pada nama class yang digunakan dengan nama  “himpunan”
public static void main (String[]args){
Mengindikasikan bahwa nama suatu method dalam class keputusan yang bertindak sebagai method utama.
int na=0, nb=0;
na=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Banyak Elemen A:"));

int a[]=new int [na];
Berfungsi ntuk mendeklarasikan dan menunjukkan kapasitas array,yang kapasitasnya adalah dari variabel “na” ,inputan banyaknya hipunan tadi

nb=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Banyak Elemen B:"));
sintax diatas berfungsi untuk menginput nilai b
int b[]=new int [nb];
for (int i=0; i<na; i++){
a[i]=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Nilai A Ke-"+(i+1)));}
for (int j=0; j<na;j++){
b[j]=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("Nilai B Ke-"+(j+1)));}
sintax diatas berfungsi untuk menampilkan hasil inputan dariJOptionpane yang berupa nilai B ke-+(nilai j diambah sama dengan satu)

System.out.print ("Himpunan A = {");
Sintak diatas berfungsi untuk mencetak hasil dari himpunan A.
for (int x=0; x<na; x++){
System.out.print (a[x]+"");}
System.out.println("}");
Berfungsi untuk Mencetak nilai-nilai himpunan A yang tadi telah diinput yang isinya dari nilai himpA[i] Sintax diatas berfungsi untuk membuat pengulangan for , memakai variabel “x” , hingga nilai “x” kurang dari nilai na,

System.out.print("Himpunan B = {");
for(int x=0; x<nb; x++){
System.out.print(b[x]+"");}
System.out.println ("}");
System.out.print("Nilai A Irisan B = {");
Berfungsi untuk Mencetak nilai-nilai himpunan  yang tadi telah diinput yang isinya dari nilai himpA[i] Sintax diatas berfungsi untuk membuat pengulangan for , memakai variabel “x” , hingga nilai “x” kurang dari nilai nb,

for (int i=0;i<na; i++){
for (int j=0; j<nb-1; j++){
if (a[i]==b[j]){
System.out.print (a[i]+"");}}}
System.out.println("}");}}
Sintax diatas Berfungsi untuk melakukan pengulangan sebanyak 2 kali dimana nilai i terus bertambah sampai nilainya kurang dari “na” dan kemudian nilai j adalah nilai 0, dan j akan terus berulang sampai kurang dari sama dengan nb kurang dari -1, ini digunakan untuk mencetak himpunan pasangan berurutannya, dan kemudian melakukan pengulangan lagi yang nilai i adalah nilai x. Sintax diatas Berfungsi untuk Sebagai perintah kondisi yang artinya jika nilai i tidak sama dengan nilai a[i]==b[j],maka akan tercetak “,”, dan program akan terhenti
LISTING HIMPUNAN KE2
import javax.swing.*;
class himpunan2 {
            //private static BufferedReader input = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
            public static void main(String[] args) throws Exception {
                        int x=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukkan byk nya himpunan A: "));
                        //int x=Integer.parseInt(input.readLine());
                        int himpA [] = new int[x];
                        for(int i=0; i<x ; i++){
                                    String a=JOptionPane.showInputDialog("masukkan elemn A ke-"+(i+1)+" :");
                                    //String a=input.readLine();
                                    himpA[i]=Integer.parseInt(a);
                        }
                        System.out.print("A={");
                        for(int i=0;i<x;i++) {
                                    System.out.print(himpA[i]);
                                    if(i!=x-1)
                                    System.out.print(",");
                        }
                        System.out.println("}");
                        System.out.println();
                        //membuat irisan himpunan A
                        int y=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukkan byk nya himpunan B: "));
                        //int y=Integer.parseInt(input.readLine());
                        int himpB [] = new int[y];
                        for(int i=0; i<y ; i++){
                                    String b=JOptionPane.showInputDialog("masukkan elemn B ke-"+(i+1)+" :");
                                    //String b=input.readLine();
                                   
                                    himpB[i]=Integer.parseInt(b);
                        }
                        System.out.print("B={");
for(int i=0;i<y;i++) {
                                    System.out.print(himpB[i]);
                                    if(i!=y-1)
                                    System.out.print(",");
                        }
                        System.out.println("}");
                        System.out.println();
                        System.out.print ("Irisan = {");
                        for (int i=0; i<x; i++){
                                    for (int j=0; j<y; j++){
                                                if (himpA[i]==himpB[j]){
                                                            System.out.print ("("+himpA[i]+")");
                                                }
                                    }
                        }
                        System.out.println ("}");
                        System.out.print ("Gabungan = {");
                        for (int i=0; i<x; i++){
                                    System.out.print ("("+himpA[i]+")");
                        }
                        boolean b = false;
                        for (int j = 0;j<y;j++){
                                    for (int i=0; i<x; i++){
                                                if (himpB[j]==himpA[i]){
                                                            b = true;
                                                            break;
                                                }
                                    }
                                    if (b==false){
                                                System.out.print ("("+himpB[j]+")");
                                    }
                                    b = false;
                        }
                        System.out.println ("}");
                        System.out.println ();
            }
}
LOGOIKA HIMPUNAN KE2
Himpunan adalah kumpulan objek-objek  objek objek tertentu dengan kerterangan yang jelas.biasanya menyatakan sesuatu himpunan menggunakan huruf kapital dan untuk anggotanya menggunakan huruf kecil angka atau menyebutkan nama dari objek itu sendiri. 
 Contoh
-          Himpunan bilangan genap kurang dari 10 ={2,4,6,8}
-          Himpunan bilangan prima kurang dari 12 = {2,3,5,7,11}

Untuk menyatakan keanggotaan dari suatu himpunan digunakan simbol “ϵ
Contoh :
P = {1,3,5,7}
Maka , 1 ϵ  p   5 ϵ p
            3 ϵ  p   7 ϵ p

B.JENIS JENIS HIMPUNAN

1.HIMPUNAN SEMESTA (NOTASI :S)

            Himpunan semesta adalah seluruh objek yang sedang dinyatakan (dibicarakan)
Contoh                                                               
Himpunan semesta dari {2,4,6,8,10} adalah
S = {xIx bilangan genap}
2.HIMPUNAN KOSONG (NOTASI :Ф atau { } )

            Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak memiliki anggota.
Contoh
1.      Himpunan bilanghan genap kurang dari 2
2.      Himpunan bilanghan genap yang habis di bagi 3
3.HIMPUNAN BAGIAN (NOTASI : C)
            A disebut himpunan bagian dari b (ditulis A C B).jika setiap anggota A merupakan anggota B
Contoh
1.      A ={3,4,5,6}
2.      B ={1,2,3,4,5,6,7}

Maka A ϲ B

Diagram Venn :


 






S = Himpunan Semesta
Lingkaran A berada dalam lingkaran B.
Banyaknya anggota himpunan bagian yang dapat dibentuk dari sebuah himpunan dinyatakan dengan 2n , n adalah banyaknya suatu himpunan.
Contoh :
A = {1,2,3}
Banyaknya himpunan yang dibentuk dari A,
            = 2=2= 8
OPERASI HIMPUNAN 
1.Irisan ( notasi : ∩)
            Irisan A dan B () adalah himpunan yang anggota-anggotanya merupakan anggota A sekaligus juga anggota B.
Ditulis : A ∩ B = {x I x ϵA dan x ϵ B}

2.Gabungan atau Union ( Ʋ ) 
         Gabungan A dan B (ditulis AƲB) adalah himpunan yang anggota anggotanya merupakan gabungan anggota A dan anggota B,ditulis :
AƲB : {x I x ϵ A atau x I x ϵ B}

3.Komplemen
            Komplemen dari A (ditulis A) adalah himpunan yang anggota anggotanya bukan anggota A tetapi anggota himpunan semesta,ditulis :
Á = {x I x ϵ S tetapi x ϵ A}
4. Selisih
                Selisih dua himpunan A dan B (ditulis A - B)adalah himpunan yang anggota-anggotanya A tetapi bukan anggota B,ditulis :
A – B = {x I x A dan x ϵ B}
SIFAT SIFAT PADA OPERASI HIMPUNAN
1.Sifat Asosiatif :
     (A Ʋ B)ƲC=AƲ(B Ʋ C)
     (A ∩ B)∩ C=A∩(B ∩ C)
2.Sifat Komutatif :
     A Ʋ B=B Ʋ A
     A ∩ B=B ∩ A
3.Sifat Distributif
     AƲ ( B ∩ C )=(A Ʋ B)∩(AƲC)
     A∩ ( B Ʋ C )=(A ∩ B)Ʋ(A ∩ C)
4.Selisih
     A- ( B Ʋ C )=(A - B)Ʋ(A - C)
     A- ( B ∩ C )=(A ­- B)∩(A - C)
5.Identitas
     A Ʋ Ф= A
     A Ʋ S= S
     A ∩ S= A
     A ∩Ф= Ф
import javax.swing.*;
adalah untuknmenginformasikan bahwa kita akan meng-import class JOptionPane dari package javax.swing

class himpunan2 {
Menunjukan bahwa pada nama class yang digunakan dengan nama  “himpunan2”


private static BufferedReader input = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
Kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama input dengan tipe kelas BufferedReader.
Karena kita akan akan memanipulasi data dengan cara memasukan nilainya masing – masing maka kita menggunakan salah satu kelas input data, yaitu BufferedReader, dan BufferedReader berada dalam package java io .Dengan menggunakan class BufferedReader, kita dapat membuat program lebih interaktif dengan mengajak user untuk menggunakan keyboard sebagai inputan. Class BufferedReader dapat ditampilkan dalam layar console.


public static void main(String[] args) throws Exception {
mengindikasikan nama suatu method dalam class himpunan2” yang bertindak sebagai method utama. Method utama adalah titik awal dari suatu program java. Semua proram kecuali applet yang ditulis dalam bahasa java dimulai dengan method utama.

int x=Integer.parseInt(JOptionPane.showInputDialog("masukkan byk nya himpunan A: "));
bahwa integer (x) dengan variable x adalah kumpulan data bilangan bulat, untuk menginput kotak dialogbahwa kita akan meng-import classJOptionPane dari package javax.swing dengan menampilkan hasil dari kotak dialog
//int x=Integer.parseInt(input.readLine());
Command bahwa integer (int) dengan variable x adalah kumpulan data bilangan bulat, untuk menginput kotak dialog

int himpA [] = new int[x];
Sintax diatas berfungsi untuk mendeklarasikan dan menunjukkan kapasitas array,yang kapasitasnya adalah dari variabel himpA ,inputan banyaknya himpunan tadi.

for(int i=0; i<x ; i++){
Sintax diatas berfungsi untuk membuat pengulangan for , memakai variabel i , hingga nilai i kurang dari nilai “x”,
String a=JOptionPane.showInputDialog("masukkan elemn A ke-"+(i+1)+" :");
//String a=input.readLine();
himpA[i]=Integer.parseInt(a);}
System.out.print("A={");
for(int i=0;i<x;i++) {
System.out.print(himpA[i]);
if(i!=x-1)
System.out.print(",");}
System.out.println("}");
System.out.println();
Sintak diatas berfungsi untuk memunculkan hasil dengan cara meng enter.
System.out.println();
System.out.print ("Irisan = {");
for (int i=0; i<x; i++){
for (int j=0; j<y; j++){
if (himpA[i]==himpB[j]){
System.out.print ("("+himpA[i]+")");}}}
System.out.println ("}");
System.out.print ("Gabungan = {");
Sintax diatas befungsi untuk  melakukan pengulangan dengan menggunakan variable j sampai nilai j kurang dari nilai y,jika salah dan benar himpunan A sama besar Himpunan A pengulangan itu digunakan untuk memasukkan nilai-nilai dari himpunan  sebanyak inputan banyaknya himpunan, kemudian nilai-nilai itu (j) dimasukkan kedalam array himpA
Kemudian hasil di atas dari himp A dan Himp B bisa di lihat di hasil gabungan.

for (int i=0; i<x; i++){
System.out.print ("("+himpA[i]+")");}
Sintax diatas berfungsi untuk membuat pengulangan for i hingga nilainya kurang dari nilai variabel x, untuk mencetak nilai himpunanA  sebelumnya yang pertama kita masukkan elemen-elemen dari banyaknya array dan juga mencetak elemen elemen array (“  ”) yang telah kita buat dan hitung sebelumnya .

boolean b = false;
sintak diatas berfungsi untuk memasukan b benar (true) atau salah(false)

for (int j = 0;j<y;j++){
for (int i=0; i<x; i++){
if (himpB[j]==himpA[i]){
b = true;
break;}}
if (b==false){
System.out.print ("("+himpB[j]+")");}
b = false;}
System.out.println ("}");
System.out.println ();}}
Sintax diatas Berfungsi untuk melakukan pengulangan sebanyak 2 kali , yang nilai i itu adalahh nilai j=0 dan kemudian nilai j akan terus bertambah sampai j kurang dari nilai y,dibawahnya nilai i=0 sama dengan hasil dari nilai i dikurang x sebelumnya, yang nilai j itu dikondisikan sampai nilai j kurang dari nilai i dikurangi y,  if himpunan b sama dengan himpunan a
Dan jika b sama dengan salah,maka ia akan mencetak t+himpunan b,dan akan menghasilkan output berupa enter.